List Berita Pengadilan Agama Merauke

Ardy_Dp - 2020-09-25

Pemeriksaan Setempat Oleh PA Merauke Terhadap Perkara Harta Bersama

Gambar: Ketua Majelis sedang membuka sidang Pemeriksaan Setempat (PS) di lokasi obyek

Merauke||www.pa-merauke.go.id

Pengadilan Agama Merauke mengadakan Pemeriksaan Setempat pada hari Kamis (24/09/2020) sekitar pukul 14.00 WIT dan hari Jum’at (25/09/2020) sekitar pukul 08.00 WIT hal ini dilakukan untuk memenuhi ketentuan Pasal 180 R.Bg. jo SEMA Nomor 7 Tahun 2001 tentang Pemeriksaan Setempat. Pemeriksaan Setempat dimaksudkan untuk mengetahui dengan jelas dan pasti mengenai kuantitas dan kualitas barang-barang sengketa, sehingga tidak terjadi dalam praktik peradilan pada saat putusan hendak dieksekusi dinyatakan non-executable.

Pemeriksaan Setempat dilakukan terhadap sejumlah objek sengketa yang letaknya berjauhan sehingga dalam pelaksanaan Pemeriksaan setempat dibagi dalam dua hari karena tidak memungkinkan jika dilaksanakan dalam sehari, Pemeriksaan setempat dilaksanakan terhadap perkara gugatan Harta Bersama dengan Nomor register perkara 210/Pdt.G/2020/PA.Mrk. yang telah didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Agama Merauke tanggal 18 Agustus 2020. Pemeriksaan Setempat ini dilaksanakan oleh Majelis Hakim Pengadilan Agama Merauke yang dipimpin langsung Ketua Pengadilan Agama Merauke, Awaluddin Nur Imawan, S. Ag., selaku Ketua Majelis, dibantu oleh Muhamad Sobirin, S.HI dan Novia Ratna Safitri, S.H., selaku Hakim Anggota, Sarko, S. HI selaku Panitera Pengganti Pengadilan Agama Merauke dan Feriman, selaku Juru Sita Pengadilan Agama Merauke. 

Dalam pelaksanaan pemeriksaan setempat ini dihadiri oleh Penggugat dan Tergugat yang datang sendiri di lokasi Pemeriksaan Setempat serta Aparat Kampung Yaba Maru, Kepala Kelurahan Samkai dan Aparat Kelurahan Seringgu Jaya juga serta ikut dalam proses Pemeriksaan Setempat tersebut.

Pemerikasaan Setempat dimulai dengan melakukan pembukaan sidang di lokasi obyek yang terletak di Kampung Yaba Maru, Distrik tanah Miring, Kabupaten Merauke oleh Ketua Majelis Hakim yang dihadiri oleh pihak Penggugat dan Tergugat. Kemudian Majelis langsung melakukan pemeriksaan 2 (dua) bidang tanah yang menjadi obyek sengketa tersebut untuk mengetahui luas tanah yang sebenarnya dan mengecek batas-batasnya.

Selanjutnya Majelis Hakim melakukan Obyek sengketa lainnya yang terdiri dari sebidang tanah yang di atasnya ada sebuah rumah beserta perabotannya dan barang bergerak berupa Mobil Angkutan umum serta 1 unit Truk yang terletak di satu tempat di Jalan Ternate Gg.Syeh Yusuf, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke.

Proses Pemerikasaan Setempat berlangsung dengan lancar dan aman meskipun sempat terjadi keributan namun dapat diredam oleh Majelis dan semua proses Pemeriksaan Setempat tersebut telah selesai yang diakhiri dengan penutupan di lokasi obyek sengketa dan sidang ditunda pada hari Selasa tanggal 29 September 2020 dengan agenda kesimpulan dari para pihak yang berperkara. Selanjutkanya Majelis kembali menuju kantor Pengadilan Agama Merauke. (Sarko,S.HI)


Novia Ratna Safitri - 2020-09-24

Memperingati HUT DYK ke XVIII

Dharmayukti Karini merupakan Organisasi Wanita Peradilan yang didirikan pada tanggal 25 September 2002 melalui SK Ketua Mahkamah Agung RI No: KMA/07/SK/II/2002 yang beranggotakan Para Hakim Wanita, Istri Para Hakim, Istri Para Pejabat Fungsional/Struktural, Para Karyawati dan Istri Para Karyawan di lingkungan Mahkamah Agung RI, Peradilan Umum, Peradilan Agama, Peradilan Tata Usaha Negara, dan Peradilan Militer di seluruh Indonesia.

Tepat pada Hari Jumat, Tanggal 18 September 2020 merayakan hut dharmayukti karini ke XVIII dengan tema “Dengan Semangat Hari Ulang Tahun Darmayukti Karini Xviii Kita Wujudkan Pelaksanaan Program Kerja Melalui Media Elektronik”, yang di hadiri oleh seluruh Keluarga besar Pengadilan Agama Merauke dan Pengadilan Negeri Meraukewaktu kegiatan HUT Dharmayukti Karini Ke XVIII ini Tempat di kantor Pengadilan Agama Merauke.

Acara tersebut dimulai tepat pukul 07.00 WIT dengan kegiatan yang pertama yaitu jalan santai yang kemudian dilanjutkan perlombaan-perlombaan yang telah disediakan oleh panitia, diantaranya ialah Lomba anak makan donat (juara I,II dan juara III), Lomba dewasa sarung balon berpasang ibu-ibu (juara I,II dan juara III), Lomba dewasa sarung balon berpasang bapak-bapak (juara I,II dan juara III), Lomba dewasa Balap Karung (juara I,II dan juara III), dan lomba cuci tangan dengan baik dan benar (juara I,II dan juara III);

Acara ini ditujukan sebagai sarana komunikasi dan berbagi ilmu pengetahuan dan ketrampilan satu sama lain sekaligus sebagai media sosialisasi organisasi baik kedalam maupun keluar. Karenanya, diharapkan sumbangsih dari anggota Dharmayukti Karini di seluruh Indonesia terkhusus di Merauke untuk ikut serta dan hadir dalam pemeriahan HUT Dharmayukti Karini setiap tahunya.



Wahab Hariansyah - 2020-09-16

Mediator PA Merauke Berhasil Melakukan Mediasi


Bertempat di ruang Mediasi Pengadilan Agama Merauke  telah terlaksana proses Mediasi oleh  Hakim Mediator, Muhamad Sobirin, S.H.I., telah berhasil mendamaikan para pihak yang sedang berperkara dalam gugatan perdata tentang Harta Bersama dengan register perkara Nomor 210/Pdt.G/2020/PA.Mrk

Dalam proses mediasi tersebut Hakim Mediator telah mengupayakan perdamaian semaksimal mungkin dengan cara memberikan nasehat dan pandangan terkait dampak perceraian terhadap harta kekayaan dalam perkawinan.

Keberhasilan mendamaikan para pihak yang berperkara ini tidak lepas dari kepiawaian seorang mediator dalam memediasi para pihak. Dengan memahami masalah, menyelami karakter, bersikap netral, membangun komunikasi yang baik, dan yang terpenting adalah Identifikasi alternatif solusi dan kesepakatan. Disepakatilah beberapa poin kesepakatan antara para pihak dan dibuat kesepakatan perdamaian yang ditandatangani oleh para pihak dan mediator.Kese pakatan perdamaian tersebut kemudian oleh Majelis Hakim pemeriksa perkara dikukuhkan menjadi Akta Perdamaian (Acta Van Dading).


Novia Ratna Safitri - 2020-09-15

Family Gathering Pengadilan Agama Merauke

Keluarga besar Pengadilan Agama Merauke pada hari Sabtu tanggal 12 September 2020 telah mengadakan kegiatan rutin tahunan yaitu family gethering dengan tema Koordinasi Kuat, Produktivitas Meningkat, Keluarga Bahagia, adapun tujuan diselenggarakannya acara ini yaitu membangun sinergi dan koordinasi yang kuat antar pegawai, meningkatkan jiwa sportifitas dalam meraih prestasi dan untuk mendorong rasa bangga dan cinta tanah air, selain itu tujuan utama dari kegiatan ini ialah untuk memberikan waktu kepada para hakim pegawai dan semua karyawan yang bekerja di kantor untuk beristirahat dan berlibur guna menyegarkan pikiran kembali bersama keluarganya.

Perjalanan ke wisata 1000 Musamus dari kota Merauke ditempuh kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan Damri, dalam kesempatan ini keluarga besar Merauke menggunakan Damri agar seluruh peserta family gethering berkesempatan untuk bercanda gurai antara satu sama lain dan saling mengenalkan keluarganya antara satu dengan yang lainya, jalanan menuju kesana cukup lancar walau ada beberapa jalan yang rusak dan sedang diperbaiki.

Selain berwisata dan beristirahat sejenak, para peserta dihibur dengan live music dan dapat mengikuti beberapa perlombaan yang di adakan oleh panitia diantaranya lomba balap karung, lomba lempar balon dan lomba kelereng, perlombaan tersebut diikuti oleh peserta dewasa dan anak-anak yang hadir dalam acara.

Tempat yang di pilih dalam kegian ini ialah Wisata 1000 Musamus yang berada di Kampung Salor Dua, Distrik Kurik, Merauke, Papua. Tempat ini terdapat banyak rumah semut dengan tinggi sekitar 2 sampai 5 meter, luas area di mana rumah semut itu berdiri mencapai 29 hektare dan dari jumlah itu baru sekitar 8 hektare yang dikelola sebagai destinasi wisata, selain ada rumah semut di Wisata 1000 Musamus juga terdapat ATV, gazebo, kuda, bentor dan kolam renang.

Menurut saya pribadi, wisata tersebut memberikan kesempatan kepada seluruh pegawai yang ada di pengadilan untuk dapat menjelajah dan mengenal Indonesia lebih jauh, dalam kesempatan ini 1000 rumah semut Musamus memberikan pelajaran kepada kita semua bahwa seekor semut sekecil itu mampu membangun bangunan yang sangat tinggi menjulang yang kokoh, jika di perhatikan bangunan tersebut beberapa kali lipat dari berat badan semut itu sendiri dan beberapakali tinggi dari badan semut itu sendiri, Itulah maha besar Tuhan yang ditunjukkan kepada kita sebagai tanda akan kebesarannya, Harapan semoga masyarakat dapat menjaga wisata tersebut, menjaga rumah semut agar tetap lestari, dengan tidak merusaknya, mencoret-coret, menaiki maupun mencongkelnya. written by novia ratna safitri





pengadilan - 2020-09-08

PA Merauke membantu pemeriksaan prinsipal dari PA Blitar

berdasarkan surat permohonan pemeriksaan Pemohon prinsipal melalui teleconference PA Blitar Nomor: W13-A10/4046/HK.05/8/2020 Tanggal 28 Agustus 2020 dan berdasarkan surat permohonan dari Kuasa Hukum Pemohon (IWAN SURYANTO, S.H.,STP.) pada perkara Nomor: 1217/Pdt.G/2020/PA.BL, yang diajukan kepada Ketua Pengadilan Agama Blitar, dengan Pemohon: JARNO bin YATIMIN

maka pada hari senin, 07 September 2020, Pengadilan Agama Merauke mengadakan teleconference antara Majelis Hakim PA Blitar dengan Pemohon


Wahab Hariansyah - 2020-09-04

Kegiatan Kerja Bakti di Pengadilan Agama Merauke

Sebagai wujud nyata kepedulian para pegawai terhadap lingkungan sekitar dalam mendukung program reformasi birokrasi untuk membangun mentalitas dan kebersamaan seluruh pegawai di Kantor Pengadilan Agama Merauke, pada hari ini Jum’at Tanggal 4 September 2020  Kantor Pengadilan Agama Merauke menggelar aksi kerja bakti membersihkan sarana dan fasilitas umum.

Aksi gotong royong membersihkan lingkungan tepatnya di area parkir motor dan tempat tunggu para Pihak  yang diikuti semua pegawai dan PPNPN  dengan semangat dan penuh antusias puluhan pegawai berbondong-bondong membersihkan dan merapikan tempat tersebut agar terlihat lebih indah dipandang dan membuat suasana kerja lebih bersemangat.



Ardy_Dp - 2020-09-03

RAPAT KOORDINASI DAN EVALUASI BULANAN

Merauke, 3 September 2020 Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Merauke, digelar rapat rutin dengan agenda Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kinerja, yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Merauke, dihadiri oleh Wakil Ketua, Hakim dan Seluruh Pegawai serta Pegawai Honorer Pengadilan Agama Merauke.

Sebagai pembahasan dari rapat ini, Awaluddin Nur Imawan, S.Ag selaku Ketua Pengadilan Agama Merauke melakukan evaluasi kinerja dengan memberikan kesempatan kepada masing-masing mulai dari Kabag Umum dan Keuangan, Kasubag Kepegawaian dan Ortala, Panitera Muda Hukum, Panitera Muda Permohonan, Hakim, Panitera, dan terakhir Sekretaris untuk menyampaikan beberapa masalah seputar tanggungjawab dari kinerja masing-masing sesuai bidang pekerjaannya.

Tak lupa dalam rapat ini Suparlan, S.HI., M.H. selaku ketua tim Zona Integritas juga mengecek kesiapan dan memberi masukan agar nantinya Pengadilan Agama Merauke siap meraih predikat Zona Integritas Wilayah bebas Korupsi (WBK). Di akhir pembahasan Ketua Pengadilan Agama Merauke memberikan solusi, masukan serta perintah dari masalah-masalah yang dibahas.(Ardy/Dp)


pengadilan - 2020-08-31

PA Merauke mengikuti pembekalan mewujudkan Zona Integritas menuju WBK/WBBM

Sekretaris MA Achmad Setyo: Transformasi itu dari Dalam Bukan dari Luar!”

ESQNews.id, JAKARTA – “Perubahan atau transformasi itu dari dalam (inside) bukan dari luar. Dari dalam lah kita berkembang, pola pikir dan budaya kerja,” demikian disampaiakan Achmad Setyo Pudjoharsoyo dalam pembukaan pembekalan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Sabtu (29/8) secara virtual kepada sekitar 30.000 warga peradilan seluruh Indonesia.

Menurut Ahmad Setyo area perubahan tujuan reformasi birokrasi adalah pola pikir mindset dan budaya kerja (culture set). Oleh karena itu, MA bekerjasama dengan ACT Consulting (Group of ESQ) lembaga konsultan transformasi budaya organisasi, mengadakan survey budaya kerja MA untuk mengetahui indeks kesehatan budaya kerja hal-hal yang mendukung dan menghambat pencapaian kinerja yang telah ditetapkan, dan untuk mendapat masukan agar perbaikan budaya kerja di masa yang akan datang.

Diakui Ahmad Setyo bahwa saat ini birokrasi yang belum sepenuhnya mendukung birokrasi efisien efektif produktif dan profesional. Birokrasi belum juga benar-benar memiliki pola pikir yang melayani masyarakat belum mencapai kinerja yang lebih baik, dan belum berorientasi pada hasil.

“Dalam rangka upaya mendukung reformasi birokrasi diperlukan budaya kerja sikap perlaku individu-individu yang didasari nilai-nilai organisasi yang telah menkadi kebiasaan dalam melaksanakan tugas dan fungsi menjalankan tugas sehari-hari di lingkungan Mahkamah Agung dan badan peradilan yang ada dibawahnya.

Dengan kegiatan yang melibatkan Ary Ginanjar sebagai nara sumber maupun pimpinan ACT Consulting (Group of ESQ), harapannya Delapan Nilai Utama MA benar-benar terinternalisasi di dalam jiwa seluruh warga Mahkamah Agung. Delapan nilai utama tersebut yaitu: Kemandirian, Integritas, Kejujuran, Akuntabilitas, Resposibilitas, Keterbukaan, Ketidakberpihakan, Perlakuan yang sama di hadapan hukum.

 “Marilah kita bersama-sama menjadi orang yang bijak dengan bercermin menyadari kekurangan masing-masing serta berjanji untuk memperbaiki diri,” tutup Ahmad Setyo.



pengadilan - 2020-08-26

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Wakil Ketua Pengadilan Agama Merauke

Berdasarkan Hasil Rapat Tim Promosi Mutasi Pimpinan Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2020 tanggal 24 Juli 2020 dan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 181/KMA/SK/VII/2020 tentang Promosi dan Mutasi Ketua, Wakil Ketua, dan Hakim Pada Lingkungan Peradilan Agama, Suparlan, S.HI,. M.H. dilantik menjadi Wakil Ketua pada Pengadilan Agama Merauke.

Gambar: Pengambilan Sumpah Jabatan Wakil Ketua Pengadilan Agama Merauke.

Pelantikan tersebut dilaksanakan pada Rabu 26 Agustuts 2020 pukul 09.00 WIT di ruang sidang Utama Pengadilan Agama Merauke, dan dihadiri oleh sejumlah pegawai serta hakim Pengadilan Agama Merauke serta beberapa perwakilan Hakim dan Pegawai dari Pengadilan Negeri Merauke.  


Acara dibuka dengan pembacaan Basmallah oleh Mohammad Amir Damiri, S.HI. selaku Pembawa Acara, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia. Kemudian Pengambilan sumpah Jabatan dilakukan oleh Awaluddin Nur Imawan, S.Ag, Selaku Ketua Pengadilan Agama Merauke didampingi oleh Drs. Muhammad Arafah selaku rohaniwan, dan dilanjutkan dengan Pembacaan Pakta Integritas oleh Pejabat yang dilantik. Selanjutnya berita acara sumpah ditandatangani oleh Pejabat yang diambil sumpahnya, serta saksi-saksi yakni Muhammad Abduh M.Torano, S.E,. S.H. dan Ratnawati, S.HI.

Acara ditutup dengan doa sekaligus dilanjutkan dengan istirahat makan siang.

Gambar: Foto Bersama Keluarga PA Merauke

  

Gambar: Foto Bersama Hakim dan Pegawai PN Merauke




Wahab Hariansyah - 2020-08-22

PENGAWASAN DAN PENDAMPINGAN APM DARI PTA JAYAPURA

Merauke, 17-21 Agustus 2020, Di bulan yang spesial ini karena bertepatan dengan HUT Indonesia ke-75 dan HUT Mahkamah Agung ke-75, Pengadilan Agama Merauke berbangga kerena kedatangan Tim pengawasan dan pendampingan APM dari Pengadilan Tinggi Agama Jayapura. Tim yang diketuai oleh Drs. Mohammad H. Daud, S.H., M.H., dan beranggota Dra. Risnawaty Musada, Taharudin S, S.H., M.H., Haeruddin, S.Ag., M.H., ini melakukan pengawasan dan pendampingan APM, serta kinerja pada bagian kepaniteraan, keseretariatan, dan pelayanan publik.

Tim juga memberikan masukan kepada setiap jajaran di Pengadilan Agama Merauke baik itu di Keseketariatan, Kepaniteraan, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) agar ditingkatkan lagi kinerja dan pelayanannya. Setiap masukan yang diterima akan merubah dan memacu kinerja Pengadilan Agama Merauke untuk menjadi lebih baik kedepannya.

Ketua Pengadilan Agama Merauke Awaluddin Nur Imawan, S.Ag dan Ketua Tim Pembinaan APM Drs. Mohammad H. Daud, S.H., M.H.

Tak lupa diakhir penutup bapak Drs. Mohammad H. Daud, S.H., M.H. selaku ketua tim memberikan semangat kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama  Merauke agar nantinya bisa mendapatkan predikat Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan terus berprestasi. (ardy/dp)



Awaluddin Nur Imawan, S.Ag Ketua PA Merauke

Informasi yang cepat, akurat, dan dapat dijangkau oleh semua kalangan adalah harapan terbesar kami...


Statistik Pengunjung

Pemda Merauke