Pengadilan Agama Merauke beberapa waktu yang lalu telah melakukan belanja modal berupa pengadaan perangkat CCTV dengan 10 kamera yang dipasang di 10 titik (di ruang parkir, halaman depan kantor, ruang sidang, ruang tunggu, 3 tangga ke lantai dua, di luar ruang ketua dan wakil, 2 di lantai satu) untuk memonitor dan mengawasi aktivitas di didalam maupun disekitar lingkungan Pengadilan Agama Merauke. kemudian terdapat 2 monitor untuk memantaunya yang 1 dipasang di ruang server dan 1 lagi dipasang di ruang Ketua. Pembiayaan pengadaan tersebut dilakukan berdasarkan anggaran DIPA Pengadilan Agama Merauke Tahun 2017. H. Irwan Jamaluddin, S.Ag., S.H., M.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Merauke berharap agar dengan telah dipasangnya CCTV di Pengadilan Agama Merauke ini, dapat lebih memudahkan pimpinan untuk mengontrol dan mengawasi pegawai serta para pencari keadilan, maupun pihak-pihak yang ingin berbuat tidak baik yang dilakukan ketika berada di luar dan di dalam area Pengadilan Agama Merauke.

Keberadaan CCTV ini sangat menguntungkan bagi pimpinan dalam hal menjaga dan memantau keamanan di Pengadilan ini. Dengan CCTV ini pula, pimpinan dapat mengontrol lokasi / titik-titik tertentu yang diinginkan pada saat jam kerja kantor maupun diluar jam kerja kantor. Dengan CCTV ini pimpinan dengan lebih simple, dapat melihat 10 titik yang dipasang CCTV hanya dari layar monitor yang juga dipasang di ruang Ketua. Dengan dipasangnya CCTV ini diharapkan dapat memantau jika terjadinya pelanggaran kode etik / pelanggaran yang dilakukan oleh pegawai, maupun tindak kejahatan / kriminal yang yang dilakukan pihak yang berperkara kepada pegawai atau lembaga ini seperti yang pernah terjadi di Pengadilan Agama Sidoarjo, yaitu terjadinya penembakan yang dilakukan pihak yang berperkara kepada Hakim yang memeriksa perkara, sehingga Hakimnya meninggal dunia dan adanya kekerasan di dalam maupun di luar ruang sidang antara para pihak yang berperkara. CCTV yang telah dipasang di pengadilan ini bertujuan untuk menghindari kejahatan yang pernah terjadi di lingkungan peradilan pada umumnya dan terjadinya pencurian di kantor – kantor pemerintahan, semoga keberadaan CCTV ini dapat membantu untuk memantau keamanan di lingkungan Pengadilan Agama Merauke ini.

Jika ada yang berani melakukan pelanggaran di lingkungan pengadilan ini, insyaallah tindakannya akan terekam dan tersimpan di server sehingga datanya dapat dipakai menyelidiki dan dijadikan bukti untuk pelaporan kepada pihak yang berwajib. Kemudian System CCTV sangat berguna untuk membantu petugas keamanan dalam memonitoring atau mengawasi situasi serta kegiatan yang terjadi di lokasi yang terpasang kamera CCTV. Dengan begitu, petugas keamanan yang bertugas berjaga pun juga dapat langsung mengetahui jika ada orang-orang yang tidak dikenal memasuki daerah yang sudah dipasangi kamera CCTV. Manfaat lain adanya CCTV ini, akan dapat meningkatkan integritas dan kinerja pegawai secara signifikan. Dalam hal ini CCTV dipasang di tiap-tiap sisi di kantor untuk meninjau pekerjaan yang dilakukan oleh setiap pegawai.

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

6 3 9 5 2
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
36
83
63952
0
8847
5490
63952
IP Anda : 54.145.17.37
2018-11-20 10:19