Pelayanan Standard Akreditasi Penjaminan Mutu


Writed By admin : Tanggal 2020-03-01


         Dalam rangka peningkatan layanan kepada Para Pencari Keadilan oleh Pengadilan Agama telah dilakukan berbagai upaya peningkatan mutu dan kinerja antara lain dengan pembakuan dan pengembangan Akreditasi Penjaminan Mutu dan upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan baik dalam pelayanan Administrasi Manajemen, Kesekretariatan dan Kepaniteraan.

         Akreditasi Penjaminan Mutu merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan Pengadilan Agama. Pada Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama, terdapat peran Pengadilan Tinggi Agama sebagai pembina Pengadilan Agama, peran lembaga independen penyelenggara Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama sebagai penyelenggara Akreditasi Penjaminan Mutu dan peran Pusat sebagai regulator. Penyelenggaraan Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama yang dilakukan oleh lembaga independen tersebut meliputi tahapan Asesmen dan tahapan penetapan Akreditasi Penjaminan Mutu.

         Pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama dilakukan oleh Komite Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Pengadilan Agama yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama.

        Objek dalam pelaksanaan dan penerapan Akreditasi Penjaminan Mutu ini adalah Pengadilan Agama sesuai dengan Peraturan. Unsur yang dinilai dalam pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iah meliputi : 1) administrasi manajemen, 2) administrasi kesekretariatan, 3) administrasi sarana prasarana dan 4) administrasi kepaniteraan.

         Asesmen Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu dilakukan oleh Asesor Akreditasi Penjaminan Mutu yang kompeten untuk melakukan Asesmen Akreditasi Penjaminan Mutu secara objektif yang didasarkan pada standar dan poin penilaian yang ada pada standar Akreditasi Penjaminan Mutu yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama.       

        Hasil dari asesmen eksternal dikirimkan kepada Komite Akreditasi Penjaminan Mutu Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama untuk diverifikasi dan ditetapkan untuk mendapatkan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama. Selanjutnya berdasarkan hasil penilaian Asesor Eksternal yang telah diverifikasi, maka Komite Akreditasi Penjaminan Mutu menetapkan serta mengumumkan bahwa Pengadilan Agama Merauke Kelas II-B memperoleh Akreditasi A (Excelent).


Awaluddin Nur Imawan, S.Ag Ketua PA Merauke

Informasi yang cepat, akurat, dan dapat dijangkau oleh semua kalangan adalah harapan terbesar kami...


Statistik Pengunjung

Pemda Merauke